Selasa, 16 Desember 2008

Sejarah Nokia

Sejarah Nokia

January 20, 2008

Anda tentu mengenal Nokia, sebuah perusahaan yang saat ini dikenal sebagai perusahaan pembuat berbagai macam produk ponsel (hape). Malah sampai santer disebut hape nokia tu hape sejuta umat.

Mungkin anda tidak akan pernah menyangka, bahwa pada awal mula berdiri Nokia merupakan sebuah perusahaan bubur kertas ‘wood-pulp mill’.
Nokia didirikan pada tahun 1865 oleh Knut Fredrik Idestam . Pada awal didirikannya bertempat di hulu sungai Tammerkoski, di kota Tampere, Finlandia sebelah barat laut. Lokasi perusahaan kemudian dipindahkan ke Nokia di dekat Sungai Nokianvirta.

Sebelum berkonsentrasi dibidang telekomunikasi, Nokia telah menjajaki berbagai bidang usaha. Antara lain : kertas, sepeda, ban mobil, sepatu, personal komputer, kabel komunikasi, televisi, mesin pembangkit listrik, kapasitor, aluminium, dsb.
Tapi memang pada akhirnya hoki Nokia ternyata dibidang telekomunikasi, khususnya ponsel


Markas Besar Nokia di Finlandia

Nokia dapat meningkatkan pendapatan nasional Finlandia lebih dari 1,5% pada tahun 1999; 3,5% pada tahun 2003. Bahkan pada tahun 2006, pendapatan Nokia telah melebihi pendapatan Finlandia-nya sendiri. Hal ini yang membuat Finlandia disebut-sebut sebagai Negara Nokia, atau Nokialand.

Ada hal yang menarik mengenai nokia, ternyata logo perusahaan Nokia telah beberapa kali melakukan perubahan. Semenjak awal didirikan sampai tahun 2008 tercatat telah mengalami empat kali perubahan.
Gambar di samping merupakan logo pertama Nokia pada tahun 1865. Ketika itu perusahaan masih dalam usaha bubur kayu dan masih berlokasi di Tampere.

Gambar di bawah ini merupakan logo kedua Nokia yang digunakan antara tahun 1965-1966.

Kemudian pada era telekomunikasi, Nokia mengubah logonya seperti gambar di bawah ini, mungkin anda pernah melihatnya dan mengingatnya.

Pada saat ini, Nokia menggunakan logo seperti gambar di bawah ini.

Sungguh dapat dibayangkan apabila Nokia masih menggunakan logo yang pertamanya. Waduh, sayang jika ponselnya sudah keren-keren, eh logonya kaya ikan sarden gitu. Wah, serasa bukan beli ponsel, tapi beli ikan sarden dalam kardus hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar